Memahami SSL (Secure Sockets Layer) dan Sertifikat SSL (SSL Certificates)

Tentang Sertifikat SSL dan enkripsi SSL (SSL Encryption)

Apakah yang dimaksud dengan SSL?

SSL (Secure Sockets Layer) merupakan teknologi keamanan yang telah menjadi sebuah standar keamanan untuk terjadinya proses enkripsi saat komunikasi antara Komputer Server dengan Komputer client (User) terkoneksi. Contohnya seperti, saat terhubung dengan web server (website) melalui sebuah browser. atau seperti saat terhubung dengan mail server dengan mail client (seperti; Microsoft Outlook, atau Apple Mail, Thunderbird, dll).

Dengan menggunakan SSL, akan memungkinkan terjaminnya keamanan informasi sensitif atau rahasia seperti informasi Kartu Kredit, Informasi User dan Password (login), atau informasi identitas lainnya (KTP, Passport, dll), atau informasi lainnya yang dianggap perlu dijaga kerahasiaannya.

Biasanya, pada saat melakukan browsing dan perlu melakukan input untuk disimpan pada website, browser akan mengirimkan data ke server dengan "polos" (Plain Text). Sadar maupun tidak sadar, hal ini tentunya membuat anda rentan terhadap penyalahgunaan data akibat dari penyadapan selama proses pengiriman data.

Jika saat pengiriman data dari komputer ke server penyadap dapat melihat isi data maupun informasi yang dikirimkan ke server, mereka dapat menggunakan data dan informasi tersebut.

Secara spesifiknya, SSL merupakan sebuah protokol keamanan. Protokol menggambarkan bagaimana sebuah algoritma digunakan. Dalam hal ini, protol SSL menentukan variabel enkripsi untuk keduanya, link yang dituju dan data yang dikirimkan.

Close

We uses cookies to remember and process the items in your shopping cart as well as to compile aggregate data about site traffic and interactions so that we can continue improving your experience on our site.